Selamat Datang di Portal Pendidikan

Mempermudah Materi Pelajaran TIK

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK)  sebenarnya adalah alat untuk mempermudah hidup manusia. Nyatanya anak-anak kita dengan langkah ringan masuk ke rental-rental game dan dengan senang hati memainkan game-game yang sangat rumit telah membuktikan sebenarnya TIK adalah teknologi yang sangat “ramah ketrampilan”.


Namun, mengapa penerapannya di sekolah terasa sulit bagi kebanyakan guru dan murid. Salah satu penyebabnya karena pendekatan sekolah sangat terstruktur dan pengembangannya melalui prosedur berpikir dan tindakan yang rumit. Karenanya menjadikan TIK yang sejatinya mudah dan menyenangkan menjadi sulit dan membebani.
Sosialisasi dan pembelajaran TIK di sekolah yang pas adalah dengan pendekatan kultural, yaitu melalui pembiasaan dan pemberian pengalaman yang menyenangkan.
Perlu diperlhatikan pula agar sekolah dapat mengurangi hingga menghilangkan konten-konten negatif maka sebaiknya sekolah perlu  memberi informasi positif sebanyak-banyaknya sehingga guru dan murid terbiasa mendapat manfaat yang banyak dari penggunaan TIK. Setelah guru dan murid merasakan manfaat dan kemudahan mempergunakannya untuk kebaikan maka pembelajaran TIK untuk pengembangan kompetensi berikutnya akan berjalan dengan mudah.
Share this post :

Blogroll

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. SD NEGERI KAMAL KULON PROGO - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger