Selamat Datang di Portal Pendidikan

Seleksi Gladhi Kawruh dan Ngudhar Kawruh Bahasa Jawa Tingkat Kabupaten Kulon Progo

Dalam rangka mempersiapkan kontingen untuk Lomba Gladi Kawruh Basa Jawa dan Ngudhar Kawruh Jenjang SD di TVRI Yogyakarta, Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo hari Rabu, 27 Maret 2013 menyelenggarakan Seleksi Gladi Kawruh Basa Jawa Tingkat Kabupaten Kulon Progo bertempat di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo Unit I. Peserta dalam kegiatan ini adalah hasil seleksi antar SD di tingkat UPTD PAUD & DIKDAS Kecamatan masing-masing.
Lomba Gladi Kawruh Basa Jawa Jenjang SD Tingkat Kabupaten ini diikuti oleh 12 Regu perwakilan dari masing-masing UPTD PAUD & DIKDAS Kecamatan se Kabupaten Kulon Progo, masing-masing regu berjumlah 3 siswa dengan kualifikasi siswa kelas IV SD.

Lomba dibagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap I babak Penyisihan yang terbagi menjadi 3 (tiga) wilayah. Wilayah Utara, dengan peserta lomba terdiri dari perwakilan UPTD PAUD & DIKDAS Kecamatan Girimulyo, Nanggulan, Kalibawang dan Samigaluh. Wilayah Tengah, perwakilan dari UPTD PAUD & DIKDAS Kecamatan Sentolo, Lendah, Pengasih dan Kokap. Sedangkan untuk wilayah Selatan terdiri dari perwakilan UPTD PAUD & DIKDAS Kecamatan Temon, Wates, Panjatan, dan Galur. Tahap II, yaitu babak Final, yang mempertemukan Juara I dari 3 (tiga) wilayah (Utara, Tengah dan Selatan) tersebut.
Setelah melewati tahap I, Peserta lomba gladi kawruh yang masuk dalam babak final adalah; untuk wilayah Utara diwakili oleh SD Marsudirini UPTD PAUD & DIKDAS Kecamatan Kalibawang, ( Silvestra Desinta Vorseps Emanuella, Kresensia Laras Pramesthi, dan Martina Dewi Prihantina), dengan guru pembimbing Theresia Ika Ayu Linggarningtyas, A. Ma. Wilayah Tengah diwakili oleh SD N Kalipenten UPTD PAUD & DIKDAS Kecamatan Sentolo, (Murti Andayani, Silvia Kurniasari, dan Kingkin Lestari Purwaningsih), dengan Guru Pembimbing Retno Sri Purnamaningsih, S. Pd. SD. Dan wilayah Selatan diwakili oleh SD N 1 Sungapan UPTD PAUD & DIKDAS Kecamatan Galur, (Fadila Yulia Utami, RR. Ruvita Oktaviani, dan Dwi Yuliati), dengan Guru Pembimbing Wasini, S. Pd. Dalam Babak Final terbagi menjadi 3 tahapan, yaitu babak Wajib, babak Uncalan dan Babak Trengginas/Rebutan. 
Dari hasil Babak final ini akhirnya diperoleh peringkat kejuaraan sebagai berikut : Juara I , SD N Kalipenten(Sentolo) dengan total nilai 2.000, untuk Juara II, SD Marsudirini (Kalibawang) dengan nilai 1.650, kemudian disusulJuara III SD N 1 Sungapan (Galur) dengan nilai 1.175.Sedangkan untuk mewakili Lomba Ngudhar Kawruh, diambilkan dari juara II hasil seleksi masing-masing wilayah, yaitu SD N Kembang, SD N Pleret Kidul dan SD N Sendang.
Menurut Kasi Kurikulum Bidang Dikdas, Dra. Tri Rahayuningsih, dalam sambutan penutupannya menyampaikan bahwa dari hasil kejuaraan ini maka diperoleh calon peserta untuk mengikuti Lomba Gladi Kawruh di TVRI mewakili Kabupaten Kulon Progo. "SD N Kalipenten, SD ST. Marsudirini, dan SD N 1 Sungapan, nanti menjadi duta Kulon Progo dalam Lomba Gladhi Kawruh, sedangkan untuk Lomba Ngudhar Kawruh di TVRI diwakili oleh SD N Kembang, SD N Pleret Kidul dan SD N Sendang", Tri rahayuningsih mengakhiri sambutannya. (Istie)



Sumber : http://www.pendidikan.kulonprogokab.go.id/article-65-seleksi-gladhi-kawruh-dan-ngudhar-kawruh-bahasa-jawa-tingkat-kabupaten-kulon-progo.html
Share this post :

Blogroll

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. SD NEGERI KAMAL KULON PROGO - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger