Selamat Datang di Portal Pendidikan

Dasa Darma Pramuka


Setiap anggota Gerakan Pramuka wajib memahami isidan makna Dasa Darma Pramuka yang merupakan ketentuan moral. Dalamkegiatan Pramuka di tingkat gugus depan, Dasa Darma menjadi materi
wajib di setiap tingkatan, baik penggalang, ramu, rakit, dan terap.
KALAU dilihat dari isi materi tersebut, ternyataDasa Darma memiliki nilai kandungan dalam diri manusia sebagai pribadimanusia seutuhnya. Metode penghafalan materi tersebut dalam kegiatanPramuka sudah banyak yang diperkenalkan oleh para pembina, dengan cara
tersendiri.
Penulis pun sebagai pembina di lapangan memilikicara atau pedoman agar siswa dapat menghafal Dasa Darma Pramuka dengan
mudah. Pedoman itu adalah Ta-Ci-Pa-Pat-Re-Ra-He-Di-Ber-Su.

Dasa Darma Pramuka itu
1. Ta: Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Sebagaipribadi yang lemah, kita harus menyembah Tuhan YME. Dia adalah penciptayang ada di bumi dan di langit dan segala makhluk yang terlihat maupuntidak terlihat. Sebagai pribadi lemah dan ciptaan-Nya, kita wajibmenjalankan perintah-Nya. Contohnya, sebagai muslim mengerjakan salat lima kali sehari semalam, membaca Alquran, puasa, dan lain-lain. 


2. Ci: Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.Selain sebagai makhluk pribadi, kita juga sebagai makhluk sosial.Artinya, makhluk yang tidak bisa berdiri sendiri. Kita perlu teman,bergaul, bertetangga. Kita tidak bisa hidup tanpa orang lain, kita memerlukan bantuan orang lain.

3. Pa: Patriot yang sopan dan ksatria. SebagaiPramuka, kita harus berperilaku yang sopan. Tindak-tanduk dalambersikap dan bertutur kata mesti diperhatikan. Kesopanan melambangkan pribadi seseorang di tengah-tengah pergaulan dalam masyarakat.

4. Pat: Patuh dan suka bermusyawarah. Dalam situasidan kegiatan apa pun, anggota Pramuka wajib taat dan patuh terhadapaturan yang berlaku, dan dalam kegiatan Pramuka selayaknya

5. Re: Rela menolong dan tabah. Pramuka senantiasarela dalam menolong tanpa membedakan agama, warna kulit, suku, dansebagainya, dan harus didasari oleh hati yang ikhlas, tulus, tanpadiembel-embeli oleh sikap ingin dipuji. Dalam setiap perjuangan ituseorang anggota Pramuka harus tabah menghadapi gangguan, tantangan,halangan, dan hambatan.

6. Ra: Rajin, terampil, dan gembira. Anggota Pramukaitu harus rajin melakukan sesuatu yang positif. Kegiatan ketika iaberada dalam pembinaan Pramuka harus diimplementasikan dalam kegiatansehari-hari. Jangan rajin karena waktu penggodokan dalam kegiatan,tetapi harus dibuktikan ketika ia di rumah, di sekolah. Dalammelaksanakan kegiatan itu pun harus dilaksanakan dengan senang dan gembira.

7. He: Hemat, cermat, dan bersahaja. Ada ungkapanyang mengatakan “hemat pangkal kaya”. Betul sekali dengan berhemat,tidak menghambur-hamburkan uang untuk jajan, tidak berhura-hura untukkepentingan sesaat merupakan awal menjadi orang kaya. Pramuka haruscermat dalam pengeluaran uang, memprioritaskan apa yang harus dibeliatau didahulukan, dan mana yang tidak perlu janganlah dibeli. Meskipunia kaya, seorang Pramuka jangan sombong di depan orang lain, jangan angkuh, bersahaja dalam bergaul.

8. Di: Disipilin, berani, dan setia. Anggota Pramukaharus hidup dengan disiplin, baik dalam waktu belajar di sekolah,bermain, dan sebagainya. Kalau Pramuka seperti itu maka hidup tak akanpercuma, tetapi akan berguna dalam mencapai cita-cita. Anggota Pramukaharus berani karena benar, tetapi takut karena salah. Jangan beranikarena kesalahan, beranilah karena kebenaran. Pramuka harus setia terhadap janji setianya karena itulah nilai-nilai luhur pribadi manusia.

9. Ber: Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.Setiap anggota Pramuka harus bertanggung jawab terhadap apa yang telahia perbuat, jangan lari, jangan lempar batu sembunyi tangan. Ia harus konsekuen karena ini adalah modal dari kepercayaan terhadap kita.


10. Suc: Suci dalam pikiran, perkataan, danperbuatan. Inilah pribadi manusia yang sejati, bersih pikiran, tidak ada iri dan dengki.

Share this post :

Blogroll

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. SD NEGERI KAMAL KULON PROGO - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger