Selamat Datang di Portal Pendidikan

Cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa


Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, guru hendaknya berusaha
dengan berbagai cara. Berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa, di antaranya:

a. Memberi angka
Angka dalam hal ini sebagai simbol dengan nilai kegiatan belajarnya.
Banyak siswa belajar, yang utama justru untuk mencapai angka atau nilai
yang baik. Sehingga siswa biasanya yang di kerjakan adalah nilai ulangan
atau nilai-nilai pada raport angkanya baik-baik.
Angka-angka yang baik itu bagi para siswa merupakan motivasi yang
sangat kuat. Dan langkah yang harus di tempuh oleh guru adalah
bagaimana cara memberikan angka-angka dapat di kaitkan dengan values
yang terkandung di dalam setiap pengetahuan yang di ajarkan kepada para
siswa sehingga tidak sekedar kognitif saja juga keterampilan dan
afeksinya.

b. Hadiah
Hadiah dapat juga di katakan sebagai motivasi, tetapi tidaklah selalu
demikian. Karena hadiah untuk suatu pekerjaan, mungkin tidak akan
menarik bagi seseorang yang tidak senang dan tidak berbakat untuk
sesuatu pekerjaan itu. Misalnya hadiah yang diberikan untuk gambar yang
terbaik mungkin tidak akan menarik bagi seseorang siswa yang tidak
memiliki bakat menggambar.


c. Saingan atau kompetensi
Saingan atau kompetensi dapat digunakan sebai alat motivasi untuk
mendorong belajar siswa. Persaingan, baik persaingan individual maupun
persaingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

d. Ego-Involvement
Menumbuhkan kesadaran kepada siswa agar merasakan pentingnya
tugas dan menerimanya sebagai tantangan sehingga bekerja keras dengan
mempertaruhkan harga diri, adalah sebagai salah satu bentuk motivasi
yang cukup penting.


e. Memberi ulangan

Para siswa akan menjadi giat belajar kalau mengetahui akan ada
ulangan. oleh karena itu, memberi ulangan ini juga merupakan sarana
motivasi, tapi guru jangan terlalu sering memberikan ulangan, karena bisa
membosankan dan bersifat rutinitas.


f. Mengetahui hasil
Dengan mengetahui hasil pekerjaan, apalagi kalau terjadi kemajuan,
akan mendorong siswa untuk lebih giat belajar. Semakin mengetahui
bahwa grafik hasil belajar meningkat, maka ada motivasi pada diri siswa
untuk terus belajar, dengan suatu harapan hasilnya terus meningkat.


g. Pujian
Apabila ada siswa yang sukses yang berhasil menyelesaikan tugas
dengan baik, perlu diberikan pujian. Pujian ini adalah bentuk
reinforcement yang positif dan sekaligus merupakan motivasi yang baik.
Oleh karena itu, supaya pujian ini merupakan motivasi, pemberiannya
harus tepat, yang akan mempertinggi gairah belajar sekaligus
membangkitkan harga diri.


h. Hukuman
Hukuman sebagai reinforcement yang negatif tetapi kalau di berikan
secara tepat dan bijak bisa menjadi alat motivasi. Oleh karena itu guru
harus memahami prinsip-prinsip pemberian hukuman.


i. Hasrat untuk belajar
Hasrat untuk belajar, berarti ada unsur kesengajaan, ada maksud
untuk belajar. Hal ini akan lebih baik, bila dibandingkan segala sesuatu
kegiatan yang tanpa maksud. Hasrat untuk belajar berarti pada diri anak
didik itu memang ada motivasi untuk belajar, sehingga sudah barang tentu
hasilnya akan lebih baik.
j. Minat
Didepan sudah diuraikan bahwa soal motivasi sangat erat
hubungannya dengan unsur minat. Motivasi muncul karena ada
kebutuhan, begitu juga minat sehingga tepatlah kalau minat merupakan
alat motivasi yang pokok.


k. Tujuan yang diakui
Rumusan tujuan yang diakui dan diterima baik oleh siswa, akan
merupakan alat motivasi yang sangat penting. Sebab dengan memahami
tujuan yang harus dicapai, karena dirasa sangat berguna dan
menguntungkan, maka akan timbul gairah untuk terus belajar
Share this post :

Blogroll

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. SD NEGERI KAMAL KULON PROGO - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger