-------- Visi Sekolah : Unggul dalam prestasi berdasarkan iman dan taqwa, terampil, berbudi luhur, Pelestarian lingkungan hidup sehat, indah, aman, nyaman. ----------

Minggu, 15 Juli 2012

Masa Orientasi Siswa (MOS) Tahun Pelajaran 2012/2013



A.  LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah proses yang berlangsung seumur hidup di lingkungan pendidikan formal (sekolah) dikenal adanya jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan Perguruan Tinggi.
Memasuki awal sekolah, merupakan bagian dari hari efektif yang perlu diarahkan dan diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, namun penuh nuansa gembira dan menyenangkan, serta bernilai positif bagi segenap warga sekolah. Kegiatan hari pertama masuk sekolah ini diberi nama Masa Orientasi Siswa (MOS) yang berlangsung selama tiga hari. Masa orientasi siswa ini diadakan sebagai upaya untuk menjembatani siswa baru mengenai hal-hal baru, baik yang berupa lingkungan fisik, lingkungan sosial, maupun isi cara belajar yang berbeda dengan lingkungan pada jenjang pendidikan sebelumnya.

B.  LANDASAN
1.  Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 
2.   Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 35 Tahun 2010 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Satuan Pendidikan di Kabupaten Kulon Progo.
3.  Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo Nomor 421/1806 Tanggal 11 Mei 2012 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2012/2013.


C.  TUJUAN
Tujuan Masa Orinetasi Siswa (MOS) adalah mendorong para siswa bersikap antara lain :
1.   Mengenal lingkungan sekolah
2.   Memahami arti penting kejujuran, diiplin dan ketertiban
3.   Memahami cara belajar efektif dan menyenangkan
4.   Melaksanakan tata krama dan membangun kerjasama
5.   Membiasakan berkompetisi serta menghindari kecurangan
6.   Membangkitkan pemahaman bela Negara dan wawasan kebangsaan

D.  SASARAN
Sasaran Masa Orientasi Siswa adalah siswa kelas VII baru dengan jumlah : 10 Siswa.

PROGRAM KEGIATAN

A.  MATERI KEGIATAN
Untuk mencapai tujuan tersebut, kepada siswa disajikan materi kegiatan yang terdiri dari :
1.   Upacara
2.   Peraturan Baris Berbaris (PBB)
3.   Tata tertib sekolah
4.   Tata krama
5.   Perkenalan sesama teman, kaka kelas, guru dan karyawan
6.   Kejujuran, disiplin dan ketertiban

B.  BENTUK KEGIATAN
Kegiatan dikemas menyenangkan, ceria, khidmat dan menghindari unsur kekerasan.

C.  WAKTU PELAKSANAAN
Pelaksanaan MOS selama 3 (tiga) hari pertama dimulai hari Senin tanggal 16 Juli 2012 sampai dengan hari Rabu tanggal 18 Juli 2012.

D.  TEMPAT PELAKSANAAN
Tempat pelaksanaan MOS adalah lingkungan sekolah SD Negeri Kamal yaitu ruang kelas I yang dibimbing oleh fasilitator guru.

E.   PELAKSANA / PENYELENGGARA
Penyelenggara MOS siswa baru SD Negeri Kamal dipimpin oleh Kepala Sekolah selaku penanggung jawab dengan melibatkan guru, karyawan sekolah . MOS dilaksanakan pada hari Senin tanggal 16 Juli 2012 mulai pukul 07.00 WIB.

F.   PENILAIAN
Aspek yang dinilai :
a.    Penguasaan materi kegiatan yang diberikan selama masa orientasi.
b.   Sikap dan perilaku siswa
c.   Peran serta siswa dalam kegiatan orientasi meliputi : kerajinan siswa dalam mengikuti kegiatan dan keaktifan siswa dalam kegiatan.

G.  PRINSIP PENYELENGGARA
Pelaksanaan MOS berdasar pada prinsip mudah, murah, menyenangkan, masal, meriah dan menarik serta disesuaikan dengan kondisi sekolah.


STRUKTUR ORGANISASI PENYELENGGARA MASA ORIENTASI SISWA

Mengingat jumlah siswa yang mengikuti Masa Orientasi Siswa kelas VII cukup banyak, maka perlu diatur organisasi penyelenggara MOS, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan tertib, teratur dan terarah.
Adapun susunan penyelenggara MOS sebagai berikut :
1.     Kepala Sekolah          : Penanggung jawab kegiatan MOS
2.     Guru/fasilitator            : Pelaksana teknis kegiatan MOS
3.     Karyawan                   : Membantu penyelenggara MOS segi adm.                
4.     Komite Sekolah          : Membantu penyelenggara MOS
Adapun masing-masing pelaksana Masa Orientasi Siswa dapat melaksanakan tugas dengan baik, mudah dan terarah maka perlu dibentuk susunan panitia. Tim penyaji materi dan jadual pelaksanaan MOS siswa baru SD Negeri Kamal Tahun Pelajaran 2012/2013.

POLA PELAKSANAAN MASA ORIENTASI SISWA BARU

Pola penyelenggaraan Masa Orientasi Siswa Baru SD Negeri Kamal merupakan pola terpadu, maksudnya bahwa orientasi ini sekaligus dikaitkan dengan kegiatan siswa sehari-hari. Siswa menyadari kedudukannya sebagai salah satu unsur yang terkait dengan unsur-unsur lain dalam melaksanakan berbagai kegiatan siswa dan tahu bagaimana cara bersikap dan bertingkah laku dalam berbagai segi kehidupan. Untuk mencapai maksud tersebut maka komponen yang terlibat dalam kegiatan perlu disiapkan langkah-langkah sebagai berikut :
1.    Persiapan materi secara matang oleh guru penyaji sehingga dapat mengaktualisasikan berbagai hal baru yang timbul maupun yang sedang dihadapi siswa.
2.   Guru penyaji materi adalah guru pembimbing bagi siswa baik di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah, sehingga terjadi interaksi timbal balik positif dengan nuansa gembira dan menyenangkan bagi segenap warga sekolah.